Sabtu, 01 Desember 2012

Tentang Keiklasan (Sebuah Puisi)


KEIKLASAN
Oleh: B.A.S.

Waktu aku berumur 1 tahun
Ibu menyuapiku dan memandikanku
Tapi apa yang aku lakukan
Aku menangis sepanjang malam

Waktu aku berumur 2 tahun
Ibu mengajariku bagaimana cara berjalan
Tapi apa yang aku lakukan
Aku kabur waktu dia memanggilku sayang

Waktu aku berumur 3 tahun
Ibu membelikanku pensil warna
Tapi apa yang aku lakukan
Aku corat-coret tembok rumah dan meja makan

Waktu aku berumur 7 tahun
Ibu membelikanku bola
Tapi apa yang aku lakukan
Aku melempar bola itu ke jendela tetangga

Waktu aku berumur 10 tahun
Ibu mengantarkanku ke mana saja
Dari kolam renang sampai pesta ulang tahun
Tapi apa yang aku lakukan
Aku malah asyik bermain dengan temanku
Sampai tak menghiraukan panggilannya

Waktu aku berumur 13 tahun
Ibu menyarankanku untuk memotong rambut
Karena sudah waktunya
Tapi apa yang aku lakukan
Aku bilang ibu tak tahu mode, ini gaya

Waktu aku berumur 15 tahun
Pulang kerja ayah ingin memelukku
Tapi apa yang aku lakukan
Aku mengunci kamarku

Waktu aku berumur 18 tahun
Mereka terharu menangis ketika aku lulus SMA
Tapi apa yang aku lakukan
Aku berpesta dengan teman-temanku sampai pagi

Waktu aku berumur 19 tahun
Mereka membayar semua biaya kuliahku
Dan mengantarku ke kampus pada hari pertama
Tapi apa yang telah aku lakukan
Aku meminta diturunkan jauh dari pintu gerbang
Agar aku tidak malu dengan teman-teman
Karena orang tuaku jelek

Waktu aku berumur 20 tahun
Mereka bertanya”dari mana saja kamu seharian?”
Tapi apa yang aku lakukan
Aku malh menjawab”Ah, cerewet amat sih.
Mau tahu saja urusan anak muda”

Waktu aku berumur 25 tahun
Mereka membantu biaya pernikahanku
Tapi apa yang aku lakukan
Aku pindah ke kota lain
Menjauhi mereka

Waktu aku berumur 30 tahun
Ibuku memberiku nasehat
Tentang bagaimana merawat bayi
Tapi apa yang aku lakukan
Aku berkata”sekarang jamannya sudah berbeda, Bu..!”

Waktu aku menjadi PNS
Ibuku menelponeku
“meminta di antar ke acara sukuran keluarga”
tapi apa yang aku lakukan
aku menjawab”aku sibuk sekali, banyak pekerjaan kantor..”

Waktu aku berumur 35 tahun
Mereka sakit-sakitan sehingga membutuhkan perawatanku
Tapi apa yang aku lakukan
Aku malah membaca buku tentang pangaruh
Orang tua yang numpang tinggal serumah dengan anaknya

Dan hingga suatu hari
Mereka meninggalkan aku
Dan tiba-tiba aku teringat semua
Yang belum pernah aku lakukan
Dan hal itu menghantam hatiku bagaikan BOM
Yang membuatku terpuruk kaku
Dan tak berarti



0 komentar:

Posting Komentar